Tips Memadukan Rasa untuk Kulit dan Isian Kue Pai

Minggu, 27 November 2016 - 02:20 WIB
Tips Memadukan Rasa untuk Kulit dan Isian Kue Pai
Tips Memadukan Rasa untuk Kulit dan Isian Kue Pai
A A A
JAKARTA - Jika kulit kue pai biasanya terasa hambar atau membosankan, tidak demikian bagi seorang pastry chef di Buxton Hall Barbecue, Ashley Capps. Ia ternyata kerap memberikan inovasi dengan menambahkan rasa pada adonan painya untuk menyeimbangkan rasa isian dari pai itu sendiri.

Ashley kerap menggunakan bubuk jahe dan lada hitam di kulit painya untuk sedikit membawa citarasa pedas, namun tetap cocok ketika disantap dengan isian yang dominan dengan rasa manis. Terinspirasi dari Ashley, berikut tips mengkombinasikan kulit dan isian pai dari senior editor asosiasi makanan, Claire Saffitz yang dikutip dari Foxnews.

Ketika membuat kulit pai, semakin minim rasa akan semakin baik. Idealnya, aroma dari kulit pai berfungsi untuk meningkatkan rasa isian, bukannya bersaing dengan itu.

Untuk menghindari rasa yang bentrok, gunakanlah sedikit bumbu, rempah-rempah, ekstrak, dan zests. Kecuali jika isian pai Anda sederhana, maka rasa kulit pai yang lebih dominan bisa dilakukan.

"Agar parutan kulit dengan pai buah, rempah-rempah hangat dengan pai custard, dan vanili dengan apa saja,” saran
Claire.

Perisa cair seperti jus buah tidak direkomendasikan dalam membuat kulit pai. Karena itu akan menambah uap air dan berpotensi menyebabkan kulit pai hancur.

Untuk kombinasi rasa, berikut beberapa pilihan rasa yang dapat Anda sesuaikan antara kulit pai dengan isiannya:

1. Kulit pai dengan ¼ sdt allspice (merica Jamaika) dan ½ sdt air limau di kerak cocok dipadukan dengan isian pai berupa labu atau ubi jalar.

2. Kulit pai dengan 1 sdt poppyseeds dan 1 sdt daun thyme cocok dengan isian lemon meringue.

3. Kulit pai dengan ¼ sdt adas dan sedikit vanilla sangat cocok untuk pai apel.

4. Kulit pai dengan 1 sdt rosemary cincang dan 1 sdt kulit jeruk yang diparut halus juga cocok untuk pai dengan isian buah apel.

5. Kulit pai dengan 1 sdt poppyseeds dan 1 sdt daun thyme cocok untuk pai isi cokelat.

6. Kulit pai dengan ½ sdt ekstrak almond dan 1 sdt kulit lemon parut cocok untuk pai dengan isian custard atau vla.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3763 seconds (0.1#10.140)